20 Des 2009

Kenapa PERBEDAAN itu harus ada ya?

Pertanyaan yang nggak pernah kejawab nih. Gw bingung, pertanyaan-pertanyaan kayak gini selalu mondar-mandir seliweran di otak gw. Kenapa sih harus ada perbedaan? Biar dunia jadi berwarna ya? Atau biar alur hidup jalannya nggak monoton? It's okay kalo perbedaan itu ada, tapi yang gw bingung kenapa diantara perbedaan-perbedaan itu ada yang sangat mencolok dan malah dibesar-besarkan ya? Haduh gw nggak tau deh, soalnya realita yang gw alami sehari-hari itu udah aneh banget. Dan nggak tau lagi harus gimana nyikapin perbedaan-perbedaan ini. Mungkin kalo gw bilang perbedaan, artinya bakal universal ya. Gw coba uraikan satu-satu apa aja yang ada di otak gw, yang belum kejawab. Dan tentunya ini nggak semuanya, cuma sebagian kecil. Numpang share ya.

Kenapa ya di Islam ada sunni sama syiah? Dan anehnya, masing-masing diantaranya saling menjelek-jelekkan. Haduh, gimana mau bersatu kalo berantem mulu. Saling mengecap kafir lah, golongan sesat lah, bukan bagian dari islam lah, gw bingung. Musuh-musuh kita sudah semakin kuat dan solid, eh kitanya malah perang saudara. Siap-siap cing yahudi bakal menyerang Islam kalo kitanya kayak gini-gini terus. Toh mau sunni kek, mau syiah kek, tetep tujuannya sama kan yaitu ALLAH SWT. Gw bingung kenapa mereka harus berpisah, bukannya mengesampingkan dulu kek perbedaan-perbedaan yang ada buat ngelawan yahudi dan musuh-musuh Islam lainnya?

Kenapa ya partai-partai Islam di Indonesia tidak mau bersatu, bergabung, dan berkoalisi? Koalisinya malah sama partai-partai sosialis dan partai-partai tetek bengek lainnya? Giliran ditanya kenapa nggak mau bergabung, alasannya karena banyak terdapat perbedaan, beda manhaj lah, beda visi lah, beda cara lah. Au ah gelap! Katanya tujuannya demi Islam, bukannya mengesampingkan dulu kek perbedaan-perbedaan yang ada buat memajukan Islam pada bangsa ini, eh malah pada nggak mau bergabung. Dan herannya, sangat-sangat mengherankan, sama partai sosialis malah mau bergabung! Kalo dihitung-hitung perbedaannya, sesama partai Islam dan partai sosialis, lebih banyak mana sih? Haduh haduh, jangan salahin gw ya kalo gw akhirnya bilang orientasi partai-partai Islam di Indonesia tuh udah KEKUASAAN bukannya ISLAM lagi. Masih mau bilang apa? Gw bingung kenapa bisa kayak gini. Ngelakuin segala cara buat ngejar kekuasaan. Katanya, gimana kita mau merubah sistem kalo kita nggak berkuasa? Oke fine gw terima, tapi kalo cara ngedapetin kekuasaannya dengan menghalalkan segala cara termasuk mendukung calon presiden yang dzolim kayak gini, sori men gw udah nggak bisa nerima! Mau lo hafal satu Al-Quran kek, 320 ribu hadist kek, kalo pola pikir lo kayak gini, sori men, maaf maaf aja. Haduh gw bingung. Gw terus dan terus bermimpi coba ya seluruh partai-partai Islam di Indonesia, organisasi-organisasi Islam di Indonesia, gerakan-gerakan Islam di Indonesia, himpunan-himpunan Islam di Indonesia, aliran-aliran Islam di Indonesia tuh kalo bersatu semua kekuatannya jadi kayak apa.

Kenapa ya ada anak gaul sama anak biasa-biasa aja? Kenapa ya ada anak orang kaya sama anak orang miskin? Kenapa ya anak-anak orang kaya pada sombong-sombong banget nggak mau main sama anak orang miskin? Kenapa ya anak-anak orang miskin pada ngatain anak-anak orang kaya tuh eksklusif dan sombong-sombong? Kenapa ya anak orang kaya jarang banget BERGAUL sama anak-anak orang miskin, hampir nggak pernah malah? Duduk semeja makan bareng di kantin aja hampir nggak pernah liat, maunya makan bareng temen-temennya aja. Yang satunya juga, bukannya mencoba bergaul memulai pertemanan, malah selalu ngejauhin. Gw bingung! Jujur gw sangat bingung! Kenapa ya kita semua nggak bisa bersatu? Saling deket gitu satu sama lain? Masa harus nunggu Imam Mahdi dulu gitu buat nyiptain perdamaian dan kerukunan, serta kedekatan emosional diantara para rakyatnya. Sekali lagi, gw sangat bingung. Kalo akar permasalahan yang membedakan ini semua adalah status ekonomi, harta yang dipunya, ketampanan / kecantikan, dan semacamnya, maka sama ratakan saja ya ALLAH biar nggak ada perbedaan lagi.

Kenapa ya ada anak musholla sama anak kantin? Kenapa ya ada anak SO sama anak BKM? Kenapa ya ada anak aktivis sama anak nongkrong? Kenapa ya ada anak yang dengerin lagu totalitas perjuangan aja udah langsung risih? Kenapa ya ada anak yang dengerin lagu nasyid juga risih? Kenapa ya ada anak yang dengerin lagu metal juga risih (gw juga sih sebenernya)? Haduh gw bingung. Dan itu semua it's okay kalo cuma sekedar perbedaan, tapi ini udah saling menjelek-jelekkan men! Gimana kita nggak ancur coba? Au ah gw bingung! Kenapa ya ada anak yang acuh banget sama keadaan di fakultasnya (mikirin diri sendiri terus), sementara ada anak yang care banget sama keadaan fakultasnya? Kenapa ya ada anak yang nggak pernah mau ikut aksi, tapi ada anak yang kerjaannya aksi mulu? Kenapa ya ada anak yang nggak mau ikut organisasi apa-apa, sementara ada anak yang hampir semua organisasi diikutin? Kenapa ya rata-rata cewek-cewek (kalo cowok jarang sih) pada suka banget bikin geng-gengan? Kenapa sih sesama mahasiswa masih suka aja main sindir-sindiran? Kenapa sih ada anak yang ngakunya udah pada gede-gede (rata-rata umurnya 19 tahun ke atas) tapi masih suka ambekan dan marahan yang lama banget sama temennya padahal kebanyakan cuma gara-gara hal sepele?

Intinya gw bingung, bingung, bingung, bingung, dan bingung kenapa PERBEDAAN itu harus ada kalo ujungnya malah memecah belah kayak gini! Mudah-mudahan, gw, yang notabene juga masih sama aja, belum bisa menyikapi perbedaan-perbedaan itu, dan teman-teman semua, kawan-kawan semua, sahabat-sahabat semua yang ngerasa, bisa sadar dan meminimalisir perbedaan-perbedaan itu, syukur-syukur malah menghilngkannya perlahan-lahan, amin. Gw sih sangat-sangat tidak bermasalah dengan perbedaan-perbedaan yang ada. Gw sangat menerima segala perbedaan-perbedaan yang ada, serta mencoba menghargai dan menghormatinya, tapi kalo udah kebablasan kayak gini, what should I do? Gw bingung.

3 comment:

Kalo menurut gue bang..Perebedaan tu emang mesti ada karena justru perbedaan itu yg menguji seseorang biar bisa nyesuaiin diri. Penyesuaian itu ga gampang dan mereka yang bisa melebur ke semua perbedaan adalah orang yg oke banget.

satu lagi bang...kalo ga ada perbedaan kita ga bakalan pinter dan bisa tau segala hal.

Coba bayangin kalo ga ada perbedaan yang mana huruf a, b, c, atau d ya gw jadi ga bisa baca buku2 kuliah gue...

Kalo ga ada bedanya huruf alif, ba, atau ta gue jadi gelap mau baca Qur`an.

iya noti saya juga sepakat kok kalo perbedaan itu emang harus ada. tapi yang saya nggak suka, kenapa ya sekarang-sekarang ini perbedaan-perbedaan itu malah memecah belah kita semua, gitu :)

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More