6 Jan 2010

Indonesia 1 - 2 Oman

Huh, baiklah, kita lagi-lagi kalah. Negara kebanggaanku, negara tercintaku, tanah tumpah darahku, hari ini kembali kalah pada pertandingan hidup mati kualifikasi piala asia 2011 lawan Oman. Orang menang aja kita belum tentu lolos, apalagi kalah, huh. Akhirnya untuk pertama kalinya kita nggak lolos piala asia teman-teman. Pupus sudah harapan ini (haha bahasanya). Kecewa? Sangat! Sedih? Banget! Main di kandang sendiri, Gelora Bung Karo, Indonesia kayak main bukan di kandang. Ball position kalah jauh, sepanjang pertandingan keserang mulu. Udah sempet seneng bukan main, girang setengah mati waktu Boaz nyamain kedudukan, eh ke golan lagi di awal babak kedua. Hancur hatiku melihatmu oh timnasku. Baca ini kalo mau analisis lengkap jalannya pertandingan.


Dan menurut gw, penonton yag masuk ke lapangan pas menit-menit terakhir itu nggak salah kok. Liat aja ekspresi mukanya, kecewa banget! Gw bisa maklum. Huah gw kira kita bakalan dapet kemenangan lagi setelah sekian lama nggak menang-menang. Apalagi kemaren pas sea games kita kalah sama Laos 2-0, tim yang kita bantai 7-0 pas piala tiger 2004, dan 16-0 waktu tahun 90an. Gw bingung deh, sebenernya apa yang salah ya sama dunia persepakbolaan kita? Dulu kita itu termasuk macan asia lho, waktu jamannya widodo, kurniawan, aji santoso, dll. Dulu kita tim yang disegani di Asia, di Asean kita peringkat 1 dan juara mulu. Dulu itu nyaris nggak ada yang bisa nandingin kecuali tim-tim dari timur tengah dan asia timur. Sekarang? Boro-boro disegani, dikentutin iya.

Menurut analisis gw, kesalahan terbesar kita itu ada di manajemen tim. Kalo masalah bakat, kita mah nggak usah ditanya. Danone cup usia 13 tahun kita juara 2 kali berturut-turut, pemain-pemain muda kita juga pernah sempet diincer sama ajax dan klub-klub besar eropa lain, prestasinya pun sangat-sangat memuaskan. Tapi kenapa pas udah pada gede jadi nggak ada yang keliatan bakatnya? Menurut gw, ini semua ada di manajemen. Liat aja ketua PSSInya, tukang korupsi! Terus isinya masih orang-orang itu aja sampe sekarang, Andi Darusalam, Nugraha Besoes, dll.

Gimana kita mau maju kalo orang yang megang masih itu-itu aja, masih sama-sama aja? Belum lagi kehidupan para pesepakbola di Indonesia yang sama sekali tidak menjamin hidup di masa depan. Di Indonesia, kalo mau dapet gaji gede harus jadi pemain bintang dulu, terus gimana nasib pemain-pemain berbakat yang nggak jadi bintang? So, banyak banget pemain-pemain berbakat kita yang mundur dari sepakbola gara-gara masa depannya tidak terjamin, baik itu keputusan sendiri ataupun dorongan keluarga. Gw nggak tau harus mulai darimana untuk meningkatkan prestasi dunia persepakbolaan kita. Gw terus berharap dan berdoa, sembari memohon, kapan ya ya Allah Indonesia bisa jadi juara piala dunia? Atau minimal, masuk piala dunia dulu deh. Semoga mimpi gw bukan sekedar mimpi, amin.


garuda di dadaku, garuda kebanggaanku, ku yakin hari ini pasti menang oooooo.....

1 comment:

tenang aja cing, Indonesia pasti menang besok-besok..
apalagi pelatihnya bukan bendol lagi..

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More