19 Jan 2010

Seharian di Ragunan

Setelah sekian lama (terakhir banget SMP kesana), akhirnya gue pergi ke ragunan lagi. 18 Januari 2010, huaaa ternyata nyaris nggak ada perubahan disana. Kandangnya masih jorok, kotor sana-sini, hewannya sakit-sakitan, nggak terawat, tempatnya jorok, pokoknya hampir nggak ada perubahan deh dari terkahir kali gue kesana. Miris juga sih sebenarnya ngeliat salah satu tempat rekreasi andalan ibu kota kurang keurus kayak gitu. Apa karena itu hari senin ya, setelah hari minggu yang pengunjungnya rame banget dan pasti banyak sampah yang belum sempet diberesin? Nggak tau juga deh. Oke mungkin cukup sedikit evaluasi tentang ragunannya. Gue tetep seneng banget kok akhirnya bisa ngeliat binatang-binatang lagi setelah sekian lama nggak ngeliat.




Sebenernya ke ragunan kemaren itu juga bukan karena 100% keinginan gue juga sih, tapi karena diajak seseorang. Gue pikir kemana ya tempat jalan yang enak selain ke mol (udah muak banget soalnya ke mol mulu), dan akhirnya kepikiran deh ragunan. Wanita tersebut adalah si Acshella Febrina alias si SESE sang kwashiorkor. Kayakya gue tau deh kenapa dia pengen banget ke ragunan, dia pengen liat sodara kembarnya kali hahaha si kuda sungai alias kuda nil (piss kor hahaha). Udah ah, ntar dia ngambek. Akhirnya kita berangkat dari kampus setelah ngeliat kelompok tutor yang baru dulu di departemen gizi (gue kelompok 5 lagi masa).



Sampe deh di tempat. Tiket ragunan masih sangat-sangat murah ternyata, cuma 4 ribu rupiah! Gue kira harganya udah naik jadi mahal, ternyata masih sama aja, tetep murah. Oke saatnya ngeliat binatang-binatangnya. Kita udah bertekad, pokoknya harus ngeliat semua binatang yang ada di ragunan, dan akhirnya impian itupun tercapai hahaha. Dari jam 10 sampe jam 3, berapa jam tuh? Ya sekitar 5 jam lah, udah sempet buat ngeliat semua binatang yang ada, padahal luas banget nih ragunan hahaha emang kita strong banget dah kor (nggak pake istirahat makan soalnya, cuma istirahat solat).



Yak, binatang yang pertama kali gue liat adalah angsa deket patung gajah. Keren deh angsanya, sayapnya bersih banget, banyak lagi. Lanjut. Abis itu gue ngeliat apa yak? Haduh gue lupa urutannya. Ngeliat macan tutul! Macannya tapi diem aja kayak patung. Dan gue nggak boong ternyata emang kulit macan tutul itu bagus banget ya, pantes aja mereka diburu terus. Terus abis itu ngeliat burung-burungan. Dan, disana gue ngeliat elang! Gila keren banget deh sumpah. Gue suka banget sama elang, apalagi matanya, sayapnya, huh pokoknya gue suka banget elang. Elang itu banyak jenisnya ternyata, ada elang jawa, elang laut, elang ular putih, dan berbagai macam lainnya. Terus kita ngeliat burung hantu, flamengo, dan kasuari. Ternyata bulunya kasuari mantep banget ya waktu dikepakin kalo ngeliatnya dari deket. Kata si sese sih kasuari bakal ngepakin bulunya kalo lagi nafsu doang, emang iya ya? Terus kita pergi lagi deh ke tempat selanjutnya. Apa ya? Kalo nggak salah kita ngeliat monyet. Hahaha nah ini dia nih hahaha. Ya biasalah dia gelantungan-gelantungan nggak jelas, loncat sana loncat sini. Abis itu ngeliat macem-macem deh, ada rusa, merak, dan ini nih yang ditunggu-tunggu, kuda nil! Hahaha. Mana dia tidur-tidur nggak jelas, kayaknya sih lagi sakit dia. Tuh se makanya jangan ditinggal mulu tuh sodara lo hahaha (abis nulis artikel ini kayaknya gue langsung digebukin deh sama tuh bocah).


Setelah itu ke pusat primata schmutzer (bener nggak ya tulisannya). Masuk kesana bayar lagi 5 ribu rupiah. Wah kayaknya satu-satunya tempat yang agak terawat di ragunan ya di tempat ini. Udah gitu di dalemnya ada goa juga, dan gue pun masuk kesana. Adem banget karena emang ada ACnya ternyata. Ada orang utan, wau wau, lutung, tapi sayang yang jadi icon malah nggak keliatan, yaitu si gorila. Kayaknya lagi nggak mood buat diliat orang-orang deh tuh gorila. Abis itu gue solat zuhur dulu deh. Setelah zuhur, kita lanjut lagi buat ngeliat-ngeliat binatang yang lain. Ada ular, kalong, musang, kura-kura, iguanabuaya, gajah, jerapah, onta, macan putih, singa, zebra, tapir, banteng, ayam, pokoknya semua binatang akhirnya berhasil gue lihat.



Haha seneng banget rasanya. Tapi ada satu hal yang masih bikin gue shock banget banget sampe sekarang. Es krim abang-abang pinggiran harganya masa 24 ribu dua! Gila kaget bener gue. Gue tau kalo di tempat rekreasi emang harga-harganya pada nggak normal, tapi ini bener-bener berkali-kali lipatnya ckck. Tapi yasudahlah mau gimana lagi coba, huh (buang nafas panjang). Terserah orang mau bilang gue norak atau kayak anak kecil atau apalah, abis gue beneran seneng sih walaupun kaki serasa kayak mau patah dan pegel minta ampun, ya nggak se? Hahahaha. Gue puas banget. Kapan-kapan kita ke ragunan lagi se walaupun gue yakin akan sangat susah buat ngajak lo lagi hahaha. Oia, di ragunan ini ternyata ada rental sepeda! Makanya besok-besok naik sepeda aja kalo ke ragunan biar nggak secapek kalo jalan kaki, emang luas banget soalnya. Walaupun tempat ini sering terpinggirkan dan dikucilkan, tapi ternyata di dalemnya nggak semembosankan yang kita kira kok. Ragunan emang good lah, emang keren banget deh Indonesia punya kebun binatang kayak ragunan. Gue semakin cinta dan bangga lah sama negeri tercinta gue ini. Buat temen-temen yang bingung ngisi liburan kemana dan udah bosen nonton di 21 mulu, ragunan jadi tempat yang high recommended banget buat kalian    ^_^


2 comment:

ber2an aje nih amrul. hehehe

hahaha bertiga mam sama gajah hahaha

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More