24 Jan 2010

Kelompok 5 yang Takkan Terlupa

Satu semester sudah telah berlalu, hingga sekarang liburan semester genap pun akan segera berakhir, tepatnya seminggu lagi. Tak terasa gue akan segera kuliah lagi dan bergabung bersama temen-temen di kelompok tutor yang baru. Entah kenapa lagi-lagi gue dapet kelompok 5, meskipun orang-orangnya beda. Gue jodoh banget kali ya sama angka 5 hehe. Kalau ditanya senang apa enggak sebentar lagi akan masuk kuliah lagi? Gue jawab IYA karena gue udah lumutan banget kangen pengen di kampus hahaha. Kalo ditanya seneng apa enggak dapet kelompok tutor yang baru? Gue juga jawab IYA lah karena gue akan semakin banyak deket sama temen-temen gizi yang lain, mengenal lebih jauh mereka, dan mengenal sifat-sifat "asli" mereka seperti apa. Tapi ada satu hal yang terus nyelip di pikiran gue, yang terus terngiang-ngiang di otak gue, yang terus ngeganjel di serebelum gue. GUE BAKAL KANGEN BANGET SAMA KELOMPOK 5, kelompok tutor pertama gue! Dan gue pasti bakalan merindukan saat-saat bersama mereka semua saat kuliah nanti, huh.

Mungkin gue akan jelasin dulu sebelumnya mengenai kasak-kusuk kelompok tutor ini. Jadi mulai semester 3 (alias semester terakhir kemarin), departemen gizi yang ada di FKM UI mulai menerapkan sistem KBK (Kuliah Berbasis Kompetensi) bagi mahasiswa-mahasiswi ilmu gizi angkatan pertama (angkatan gue ini) dalam menjalankan kegiatan akademis sehari-harinya. Sistem ini mengadopsi dari sistem yang sudah terlebih dahulu digunakan oleh anak-anak FK UI. Jadi dalam sistem ini, tidak ada lagi sistem kuliah konvensional dimana dosen menjelaskan materi di depan kelas, lalu tugas mahasiswa hanya mendengarkan sembari menunggu UTS dan UAS. Dalam sistem KBK ini, tiap mahasiswa diberi modul dan soal-soal kasus, lalu setiap individu dituntut untuk secara aktif mencari jawaban untuk memecahkan kasus-kasus tersebut sendiri. Bentuk perkuliahannya bukan lagi menggunakan sistem konvensional, melainkan sistem tutorial dimana mahasiswa dibentuk dalam satu kelompok kemudian belajar sendiri-sendiri ditemani oleh seorang fasilitator yang berfungsi meluruskan apabila sudah keluar dari jalur. UTS dan UAS pun sudah tidak ada, diganti dengan ujian modul. Nah kelompok tutor ini tiap semester selalu dikocok ulang, seperti sekarang ini saat memasuki semester 4. Gue sih berharap, dengan sistem baru seperti ini, kualitas anak FKM UI, bahkan anak negeri bisa meningkat. Aku akan terus bangga padamu Bangsaku, dan akan terus berharap Indonesiaku tercinta ini bisa bangkit dari keterpurukan, amin.

Semua kenangan yang gue laluin bareng kelompok 5 gue jamin takkan terlupa sampai kapanpun. Mungkin karena ini kelompok tutor pertama gue kali ya, tapi lebih dari itu kelompok 5 emang bener-bener kelompok yang paling the best menurut gue. Kelompok ini berjumlah 13 orang. Gue akan jelasin satu-satu personilnya, sesuai daya inget gue ya hehe.

Pertama adalah seseorang yang namanya ditulis di kertas kelompok cuma Napitupulu. Gue penasaran siapa ya anak gizi yang namanya napitupulu ini, eh ternyata eh ternyata, dia adalah si MANDA yang suka blak-blakan kalo ngomong dan terlihat lugu haha. Selanjutnya adalah orang yang paling rame di kelas, dan bisa memecahkan kebuntuan suasana kalo lagi pada bt, dia adalah SINTA si simanungkalit. Kemudian ada dua orang yang selalu bersama sehinga orang-orang di kelompok 5 sering ketuker-tuker waktu pertama, dia adalah DEBY orang yang paling pendiam di kelas dan DESTRY si wanita asal padang. Lalu ada si MUTIA yang suka ketawa-tawa sendiri dan rajin banget kalo ngerjain tugas. Kemudian ada VIDIA si anak kesma yang baik hati dan ECUN si anak muntahan, dua orang yang mungkin nggak kenalan sama si "R" waktu lagi jumpa pers sehingga keduanya sulit untuk menyebutkannya hehehe piss yak. Lalu ada seorang wanita yang agak sedikit Arab mukanya, yaitu si RATU yang sangat aktif di kelas. Lalu ada SESE dn KLIRA yang keduanya sangat-sangat kompak baik dalam urusan kebaikan begitupun keburukan. Kemudian ada si SUCI yang kalem tapi gimana gitu, dan terakhir si NURULIA yang selalu dateng telat tiap kali tutorial. Gimana nggak telat, tutor mulai jam 10 dia berangkat jam 10 lewat 5 padahal rumahnya di Depok Lama yang kalo pagi-pagi itu pasti macet banget.

Gue nggak akan pernah ngelupain kalian, waktu-waktu yang gue jalanin bareng kalian. Walaupun gue cowo sendiri, gue tetap bisa nyaman banget bareng kalian semua. I love u all temen-temen keompok 5 ku tersayang. Gue pasti akan kangen banget belajar bareng kalian lagi. Walaupun di kelompok yang baru, gue akan sekelomok lagi sama KLIRA dan SESE, tapi tetep aja, I miss u my friends ^_^




"Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC" 

3 comment:

wadezig...
rajin banget postingannya..sip dah sip...

hahaha masih jaman wadezig

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More